CARA PANDANG



TIPS MEMPERLUAS CARA PANDANG

Telah kita ketahui bahwa visi atau cara pandang kita terhadap kehidupan adalah salah satu faktor penentu kemenangan dalam menyikapi dengan bijak setiap permasalahan

Berikut ini akan kami sampaikan 5 hal penting sebagai tips untuk memperluas cara pandang kita dalam memandang dan menyikapi setiap jengkal kehidupan :

1. LIHATLAH LEBIH JAUH

Maksudnya adalah, cara pandang kita jangan hanya terbatas jarak dekat, melainkan harus melihat sejauh mungkin. Bapa Abraham disuruh Allah untuk memandang kesegala penjuru dunia dan Allah berfirman bahwa semuanya itu akan kuberikan kepadamu. Setiap jengkal langkah yang akan kita tempuh, lihatlah jauh ke depan agar kita mampu mengantisipasi segala sesuatu sebelum kita memperolehnya.

2. LIHATLAH TEMBUS PANDANG

Dalam melihat masalah kehidupan, jangan hanya sekedar jauh memandang, namun juga perlu meningkatkan kemampuan melihat "tembus pandang". Artinya, kita jangan hanya melihat kulit luar dari suatu masalah, tapi lihatlah jauh ke dalam, pertajamlah intuisi anda dan mata hati anda untuk melihat akar dari masalah yang ada dibalik tampilan luar yang kasat mata.

3. LIHATLAH DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG

Artinya kita harus melihat permasalahan bukan hanya satu sudut pandang, melainkan dari berbagai perspektif sudut pandang. Ketika kita melihat sebuah berlian dari berbagai sudut pandang, kita akan terpukau dari kilaunya dari pada terfokus pada sedikit kecacatannya. Bila kita memandang bunga mawar dari berbagai sudut pandang, kita akan mengagumi keindahan mawar tersebut, daripada hanya menggerutu soal duri mawar itu.

4. BENTANGKAN PETA BESARNYA

Dengan membentangkan peta besar dari suatu permasalahan, maka kita dapat menarik hubungan-hubungan dari setiap persoalan, sehingga kita dapat menentukan sikap secara lebih bijaksana. Percayalah setiap akibat pasti ada sebabnya, dan setiap masalah pasti ada faktor keterkaitannya. Misalnya untuk mengatasi banjir jakarta, jangan hanya membuka peta DKI, namun perlu melihat peta sekelilingnya, sehingga kita dapat mencari solusi yang bijak. Melihat karyawan terlambat masuk kerja, jangan hanya dilihat keterlambatanya saja, namun bentangkan peta lebih luas sebab akibat keterlambatannya.

5. NAIKLAH KE LEVEL YANG LEBIH TINGGI

Pandanglah kehidupan dengan "bird's eyes" bukan dengan "worm's eyes". Anda akan merasakan bedanya yang luar biasa, misalnya anda ingin melihat kota Jakarta dengan berjongkok dan dibandingkan dengan melihatnya dari puncak Monas. Setiap permasalahan ternyata tidak sebesar apa yang kita takuti, asal kita mampu melihatnya dari tempat yang lebih tinggi.
Mari kita naik Level yang lebih tinggi dan miliki mata seperti mata Rajawali.

sumber. bom.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CLEANING MANAGEMENT SKILLS

INISIATIF

Puskesmas Kecamatan Ciracas