PSKK










Beberapa waktu belakangan ini jagad Klining Servis disibukkan dengan suatu kegiatan yang disebut PSKK. Gerangan apa sih PSKK itu? Sesungguhnya sejak tahun 2012, LSP Klining Servis telah melakukan PSKK. PSKK adalah singkatan dari Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja. Sehingga semenjak terlahirnya Lembaga Sertifikasi Profesi Klining Servis (LSP-KS) yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) otomatis LSP-KS telah ribuan bahkan belasan ribu melakukan sertifikasi kompetensi kerja. Ada beberapa istilah yang sedikit agak rancu terkait sertifikasi, yakni Sertifikasi, Asesmen dan Uji Kompetensi.

Menurut terjemahan dari BNSP tentang istilah dalam kompetensi, Sertifikasi artinya Proses pemberian sertifikat kompetensi yand dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia, Standar internasional ataupun standar khusus. Adapun Asesmen artinya Proses penilaian  seseorang terhadap pemenuhan persyaratan yang ditetapkan dalam skema sertifikasi. Sedangkan Uji kompetensi adalah Tata cara yang merupakan bagian dari Asesmen untuk mengukur kompetensi peserta sertifikasi menggunakan satu atau beberapa cara seperti tertulis, lisan, praktek, simulasi sebagaimana ditetapkan dalam skema sertifikasi.

Yang menjadi perbedaan mendasar sebutan PSKK dan Sertifikasi pada umumnya adalah, bahwa ketika kita menyebut PSKK itu berarti ada paket stimulus dari Pemerintah untuk rakyatnya dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi. Pada tahun 2017 ini, LSP-KS memperoleh 125 paket, dimana setiap paket minimal harus 20 peserta sertifikasi. sehingga jumlah keseluruhan ada 2.500 perserta sertifikasi.

Dalam pelaksanaan sertifikasi PSKK ini, LSP-KS mengerahkan seluruh kekuatan asesor yang dalam pelaksanaannya dilakukan hampir diseluruh wilayah Indonesia, dari barat ke timur dari utara ke selatan. Satu tujuan LSP-KS adalah membuat seluruh pekerja klining servis kompeten. Semua lini di LSP-KS disibukkan dengan pelaksanaan sertifikasi ini.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CLEANING MANAGEMENT SKILLS

INISIATIF

Puskesmas Kecamatan Ciracas